Jumat, 22 Oktober 2010

Download Aplikasi HP Kamus Besar Bahasa Indonesia


Kamus merupakan salah satu referensi penting dalam penulisan ilmiah ataupun berfungsi sebagai acuan definisi dan sinonim dari sebuah kata. Salah satu kamus populer yang digunakan adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (disingkat KBBI) terbitan Departemen Pendidikan Indonesia.

Tapi karena ukurannya yang tebal dan tentu saja berat, jarang ada orang yang mengoleksinya disamping mungkin tidak tahu harus beli dimana atau harganya yang lumayan mahal.

Tapi ada alternatif lain yang menarik, yaitu situs KBBI online yang secara langsung mendefinisikan kata yang hendak dicari artinya.

Ini link & gambar situsnya
http://kamusbahasaindonesia.org/


Untuk yang versi offline, ada juga KBBI Mobile yang merupakan aplikasi Handphone berbasis Java, tampilannya sederhana & ukuran filenya 2,9 MB. Setelah download disini cukup di instal aplikasi tersebut kemudian buka aplikasi dan masukkan kata yang hendak di cari terus pilih "cari".

Ini Link Downloadnya :
http://www.kejut.com/take/68434938112876827362/KbbiMobile.jar

Jika kata yang dicari sudah ada di kamus maka akan ditampilkan daftarnya, silakan tekan salah satu tombol keypad dari 1-9 sesuai dengan urutan kata yang muncul. Namun jika hanya ada 1 kata, maka kita cukup tekan tombol 1 saja.

Misalnya kita ingin mencari arti kata "Juru", kemudian pilih 'Cari' dan akan tampil seperti ini :


 Jika kita ingin tahu ari kata 'Juru Bicara', maka tekan tombol 5 sekali atau dua kali. Lalu, jreeeng...

Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog Sederhana | Sufyanix. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com